Profil Pusat Studi Ternak Pedaging

 

 Logo Pusat Studi Ternak Pedaging

Kelompok peneliti di Fakultas Peternakan UB tergabung dalam “ Pusat Studi Ternak Pedaging ”. Anggota kelompok penelitian telah berhasil melakukan berbagai publikasi internasional, baik berupa buku yang diterbitkan oleh penerbit internal UB maupun eksternal maupun paten yang merupakan hasil dari serangkaian penelitian, khususnya berbasis pengembangan dan penemuan hasil IPTEK. Akan tetapi, hasil-hasil penelitian tersebut masih perlu langkah untuk diaplikasikan/diimplementasikan kepada masyarakat dibidang industri Ternak Pedaging, sehingga melalui satu bentuk kegiatan diharapkan hasil-hasil penelitian dan inovasi yang dihasilkan oleh akademisi akan bisa dimanfaatkan secara langsung maupun tidak langsung oleh masyarakat. Disamping juga berbagai kegiatan diseminasi hasil-hasil penelitian melalui jurnal nasional, jurnal internasional, seminar ilmiah, pertemuan  profesi  mapun pertemuan dengan pemerintah dan swasta. Kelompok penelitian ini memiliki Road Map Penelitian yang sejalan dengan RIP UB 2012 – 2015 dan selama 25 tahun telah mendapatkan dana penelitian kompetisi dari berbagai sumber yaitu kementerian Ristek, DP2M, Departemen Pertanian Dirjen Peternakan, Dinas sosial, Dinas Peternakan (Dispet), pemerintah daerah, Industri, dan lain-lain.

Visi

Menjadi Pusat Studi Ternak Pedaging berbasis sumberdaya lokal yang terkemuka di tingkat nasional maupun internasional.

Misi

  1. Menyelenggarakan pengkajian, penelitian, dan pengembangan ilmu dan teknologi industri peternakan yang adaptif, relevan dan kompetitif
  2. Melakukan Hilirisasi dan komersialisasi produk –produk hasil penelitian dibidang ternak Pedaging pada stake holder yaitu industri peternakan sapi Pedaging, Pemerintahan dan masyarakat yang bergerak dibidang ternak Pedaging.

Tujuan

Pusat Kajian Ternak Pedaging Universitas Brawaijaya mempunyai tujuan sebagai berikut:

  1. Mengembangkan penelitian yang relevan dan menerapkan ilmu dan teknologi industri peternakan berbasis sumberdaya lokal.
  2. Menjalin kerjasama dengan stakesholder dibidang peternakan yaitu pemerintah (Dirjen dan dinas peternakan, industri ternak pedaging dan masyarakat yang bergerak dibidang ternak pedaging.

Struktur organisasi dari kelompok peneliti Riset Grup Pembibitan Ternak Pedaging adalah:

Penanggung Jawab : Dekan Fakultas Peternakan

(Prof. Dr. Agr. Sc .Ir. Suyadi, MS)

Ketua : Prof. Dr.Ir.Trinil Susilawati, MS.
Sekretaris : Asri Nurul Huda, S.Pt, MP.,M.Sc
Bendahara : Aulia Puspita Anugra Yekti, S.Pt, MP., M.Sc
Sub Bidang Reproduksi : Prof. Dr.Ir.Muhammad Nur Ihsan ,MS.
: Dr.Ir. Nurul Isnaini, MP.
:Dr.Ir. Sri Wahyuningsih, MS.
Sub Bidang Genetik dan Pemuliaan Ternak :Dr.Ir.VM. Ani Nurgiartiningsih, M.Sc.
Sub Bidang Manajemen Ternak Pedaging :Dr. Ir. Kuswati, MS.
Sub Bidang Nutrisi dan Makanan Ternak : Dr. Ir. Mashudi, M.Agr.Sc
  Ir. Hermanto, MP
Sub Bidang Sosial Ekonomi : Eko Nugroho, S.Pt, M.Sc

Awang Tri Satria, S.Pt., ME

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *